Tautan-tautan Akses

AS

Penasihat Keamanan Nasional AS Positif Terjangkit Covid-19


Penasihat Keamanan Nasional AS, Robert O’Brien . (Foto: dok).

Penasihat Keamanan Nasional AS, Robert O’Brien telah dinyatakan positif terjangkit Covid-19, sebut Gedung Putih mengukuhkan hari Senin (27/7).

O’Brien, yang memimpin Dewan Keamanan Nasional, “memiliki gejala-gejala ringan dan telah melakukan isolasi mandiri serta bekerja dari tempat yang aman di luar kantor. Tidak ada risiko terpapar kepada Presiden atau Wakil Presiden,” sebut Gedung Putih dalam suatu pernyataan, seraya menambahkan bahwa kegiatan Dewan Keamanan Nasional berlanjut “tanpa terganggu.”

O’Brien yang berusia 54 tahun itu adalah pejabat tertinggi dalam pemerintahan Presiden Donald Trump yang diketahui telah terjangkit virus corona.

Staf Gedung Putih lainnya yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 mencakup seorang asisten pribadi Trump, serta Katie Miller, juru bicara Wakil Presiden Mike Pence.

Pekan lalu, kafetaria di Gedung Kantor Eksekutif Eisenhower, yang bersebelahan dengan Gedung Putih dan di dalamnya terdapat kantor-kantor wakil presiden serta Dewan Keamanan Nasional ditutup setelah seorang pegawai kafetaria positif terjangkit virus corona.

Juga pekan lalu, seorang anggota Marinir yang ditugaskan di skuadron helikopter kepresidenan didiagnosis terjangkit Covid-19.

Kimberly Guilfoyle, kekasih putra presiden, Donald Trump Jr., juga positif mengidap virus itu, mendorong pasangan tersebut pulang lebih awal dari acara pidato presiden di Mount Rushmore pada liburan Hari Kemerdekaan 4 Juli.

Belum ada komentar segera mengenai diagnosis O’Brien dari presiden, yang dijadwalkan melakukan perjalanan ke North Carolina hari Senin (27/7) untuk mengunjungi sebuah pusat bioteknologi yang memproduksi komponen-komponen untuk vaksin potensial Covid-19.

Berbagai laporan media menyebutkan O’Brien telah bekerja dari rumah selama seminggu terakhir, setelah melakukan perjalanan ke Eropa untuk bertemu sejawatnya guna membahas China.

Penasihat keamanan nasional kerap berhubungan dengan presiden, meskipun tidak diketahui kapan terakhir kali mereka bertemu. O’Brien dan Trump tampil bersama di depan umum pada lawatan ke Komando Selatan AS di Miami pada 10 Juli lalu. [uh/ab]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG