Tautan-tautan Akses

Trump-Kim Berjabat Tangan sebelum Lakukan Perundingan di Singapura


Presiden AS Donald Trump (kanan) dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berjabat tangan hari Selasa (12/6) pagi di Singapura.
Presiden AS Donald Trump (kanan) dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berjabat tangan hari Selasa (12/6) pagi di Singapura.

Presiden Amerika Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berjabat tangan hari Selasa (12/6) pagi di Singapura, beberapa menit sebelum masuk ke sebuah ruangan di hotel Capella untuk mulai berunding tentang kemungkinan membuat Jazirah Korea bebas nuklir.

Diiringi suara bising ratusan kamera, kedua pemimpin itu bertemu dan bersalaman dihadapan sederetan bendera Amerika dan Korea Utara. Ini adalah pertemuan pertama antara presiden Amerika dan pemimpin Korea Utara.

Iring-iringan mobil yang membawa Presiden Trump tiba lebih dulu di hotel Capella di pulau Sentosa. Rombongan Kim tiba beberapa menit kemudian.

Gedung Putih mengukuhkan Senin malam bahwa Presiden Trump akan meninggalkan Singapura hari Selasa malam setelah bertemu dengan Kim, dan menambahkan bahwa perundingan pendahuluan antara pejabat Amerika dan Korea Utara “terus berjalan dan bergerak lebih cepat dari yang diperkirakan.”

Gedung Putih mengatakan Trump akan mengadakan pertemuan tatap-muka dengan Kim hari Selasa pagi, dengan didampingi oleh penerjemah masing-masing. Setelah itu keduanya akan makan siang bersama dan kemudian menghadiri pertemuan yang diperluas, diikuti oleh menteri LN Mike Pompeo, kepala staf Gedung Putih John Kelly dan penasihat keamanan nasional John Bolton.

Presiden Amerika itu akan memberikan keterangan pers setelah pertemuan dan meninggalkan Singapura Selasa (12/6) malam waktu setempat. Laporan-laporan sebelumnya mengatakan Trump akan berangkat dari negara kota itu hari Rabu. [ii/ps]

Recommended

XS
SM
MD
LG