Tautan-tautan Akses

Trump Diperkirakan Calonkan Powell Sebagai Gubernur Bank Sentral


Gubernur Jerome Powell menghadiri pertemuan Dewan Gubernur di Gedung Dewan Bank Sentral, Marriner S. Eccles, di Washington, 30 November 2015 (foto: AP Photo/Andrew Harnik)

Presiden Amerika diperkirakan akan mencalonkan Jerome Powell sebagai Gubernur Bank Sentral berikutnya, kata pejabat senior pemerintah hari Senin.

Powell adalah seorang anggota Partai Republik yang beraliran tengah dan tampaknya cenderung melanjutkan strategi kenaikan suku bunga bank sentral secara bertahap.

Tapi pejabat mengatakan Trump belum memutuskan dan bisa mengubah keputusannya.

Powell mencerminkan pilihan hasil kompromi Trump, yang juga mempertimbangkan Gubernur Bank Sentral/Fed saat ini, Janet Yellen dari Partai Demokrat serta ekonom Universitas Stanford John Taylor dan mantan Gubernur Bank Sentral Kevin Warsh.

Meski demikian Powell bisa melonggarkan beberapa peraturan keuangan ketat yang diterapkan setelah krisis keuangan tahun 2008. Trump sebelumnya mengeluhkan peraturan tersebut terlalu ketat.

Keputusan mengenai Gubernur Bank Sentral berikutnya membayangi pertemuan kebijakan Bank Sentral minggu ini.

Trump hari Jumat mengatakan punya "seseorang yang pasti" untuk Bank Sentral. "Seseorang yang mudah-mudahan, akan melakukan pekerjaan yang fantastis," kata Trump dalam pesan video singkat yang dipasang di Instagram dan Twitter. [my]

XS
SM
MD
LG