Tautan-tautan Akses

Donald Trump Dilantik sebagai Presiden AS ke-45


Donald Trump saat diambil sumpahnya oleh Ketua Mahkamah Agung John Roberts, Jumat, 20 Januari 2017. (AP Photo/Matt Rourke)

Pebisnis real-estat dan milyarder Donald Trump diambil sumpahnya sebagai presiden Amerika yang ke 45 hari Jumat (20/1).

Di bawah langit mendung di Washington, Trump, usia 70 tahun menjadi eksekutif tertinggi Amerika dan juga tertua, ketika mengucapkan sumpah “saya akan melestarikan, melindungi, dan membela Konstitusi Amerika Serikat.”

Ratusan ribu orang, banyak yang mendukung janji Trump untuk “membuat Amerika berjaya lagi,” memenuhi National Mall untuk bisa menyaksikan upacara pelantikan di tangga Gedung Kapitol itu.

Inaugurasi dirinya, setelah berlangsung kampanye pemilihan yang sengit, menandai pengalihan kekuasaan secara damai dan Presiden Obama meninggalkan Gedung Putih setelah dua masa jabatan.

Trump diambil sumpahnya oleh Ketua Mahkamah Agung John Roberts, dan tangannya diletakkan diatas dua kitab injil, satu dari masa remajanya, dan satu lagi yang dipergunakan Presiden Abraham Lincoln. Sebelumnya, mantan Gubernur Indiana Mike Pence diambil sumpahnya sebagai wapres menggantikan Joe Biden.

Beberapa menit kemudian Trump memberikan pidato inaugurasinya. [jm]

XS
SM
MD
LG