Tautan-tautan Akses

Trump Janji Satukan Negara, Buat Amerika Jaya Bagi Semua Orang


Suasana menjelang pelantikan Donald Trump menjadi Presiden AS ke-45, menggantikan Presiden Barack Obama, 20 Januari 2017.

Pengusaha dan miliarder Donald Trump akan dilantik sebagai presiden Amerika Serikat ke-45 hanya dalam beberapa jam lagi (sekitar tengah malam waktu Indonesia bagian barat.)

Pada malam menjelang pelantikannya, Trump meramalkan bangsa Amerika akan "melihat sesuatu yang begitu menakjubkan" ketika dia disumpah.

Trump berjanji akan bekerja keras, menyatukan negara dan "membuat Amerika jaya untuk semua orang."

Setelah konser menyambut pelantikan di tangga Lincoln Memorial di Washington Kamis malam, Trump mengaku terus terang dia tidak peduli cuaca "akan indah atau hujan deras," dan mengatakan kepada ribuan hadirin bahwa seluruh dunia menonton apa yang sedang terjadi di Amerika Serikat.

Perkiraan cuaca pada hari pelantikan katanya akan ada hujan gerimis dan suhu akan dingin.

Suasana juga "dingin" Kamis malam, sementara para pengunjuk rasa anti-Trump bentrok dengan polisi di luar National Press Club di Washington. Di dalam gedung itu, acara menyambut pelantikan yang disebut "Deploraball" sedang berlangsung.

Para pengunjuk rasa berteriak "No Trump. No fascist USA!" sementara polisi berusaha menjauhkan mereka dari pintu gedung.

Beberapa pengunjuk rasa melemparkan benda-benda ke arah polisi. Setidaknya ada satu pembakaran di jalan. Petugas menyemprotkan bahan kimia ke arah kerumunan. [as/ab]

XS
SM
MD
LG