Tautan-tautan Akses

Trump dan Politik Luar Negeri


Senator AS, John McCain berbicara dalam pembukaan Konferensi Keamanan Munich yang ke-53 di Munich, Jerman (17/2). (foto: REUTERS/Michael Dalder)

Kompetensi Presiden Trum dalam menangani masalah luar negeri dipertanyakan oleh dua senator inti fraksi Republik, Senator John McCain dan Senator Lindsay Graham terutama menyangkut kekisruhan di Gedung Putih.

Dua senator inti fraksi Republik hari Minggu mempertanyakan kompetensi Presiden Trump dalam menangani masalah luar negeri, terutama kekisruhan di Gedung Putih mengenai operasi keamanan nasional dan tampaknya keengganan Trump menanggapi campur tangan Russia dalam pemilihan presiden Amerika baru-baru ini.

Senator John McCain dari Arizona mengemukakan, ia khawatir melihat pengertian Trump mengenai sebagian masalah luar negeri dan ucapan-ucapanya yang saling bertentangan. Saya pikir tindakannya tentang reformasi imigrasi adalah satu contoh perlunya ada proses pembuat keputusan yang tertib di Gedung Putih. Itulah yang saya pikir menghantui mereka di sana sekarang.

McCain mengatakan Trump telah membikin Eropa, sekutu Amerika, bingung karena ucapan dan komitmennya pada Persekutuan NATO.

Sementara itu – Senator Lindsay Graham juga dari Fraksi Republik mengemukakan Trump harus bekerjasama dengan Kongres untuk menghukum Rusia. Meskipun Partai Demokrat yang dirugikan oleh campurtangan Rusia, sebagai pemimpin baru dunia bebas Trump seharusnya dapat menyampaikan kepada rakyat Amerika bahwa ia tidak dapat membiarkan Rusia melakukan campurtangan dalam pemilihan di Amerika. [al]

XS
SM
MD
LG