Tautan-tautan Akses

Trump dan Jokowi Sepakat Kerjasama Pengadaaan Alat Kesehatan Untuk Atasi Covid-19


Presiden AS Donald Trump berbicara dengan Presiden Indonesia Joko Widodo selama KTT G20 di Hamburg, Jerman 8 Juli 2017. (Foto: Reuters/Wolfgang Rattay)

Presiden Joko Widodo dan Presiden AS Donald Trump sepakat meningkatkan kerjasama pengadaan alat kesehatan untuk menangani pandemi virus corona. Hal ini mengemuka dalam pembicaraan telepon Jumat malam (24/4) waktu Indonesia dari Istana Kepresidenan Bogor.

Dalam pernyataan pers yang dikeluarkan Istana Sabtu pagi (25/4), Presiden Jokowi menyampaikan “apresiasi” atas kerjasama kedua negara dalam mengatasi Covid-19, dan “bertukar pikiran mengenai upaya mengatasi kekurangan alat kesehatan dan perlindungan bagi tenaga medis,” seperti ventilator, alat perlindungan diri APD dan makser, sebagaimana yang dialami semua negara.”

Khusus mengenai ventilator, pernyataan itu menyatakan “Trump menjelaskan mengenai upaya pembuatan ventilator” di Amerika dan menyampaikan “akan mengirim ke Indonesia apabila sudah siap.” Hal ini akan ditindaklanjuti tim masing-masing negara.

Selain saling menyampaikan rasa belasungkawa dengan jatuhnya korban jiwa masing-masing warga negara akibat perebakan virus corona, kedua pemimpin juga sepakat memperkuat kemitraan dalam bidang perdagangan dan ekonomi pasca Covid-19.

Sekretariat Presiden menyatakan sebelum pembicaraan melalui telpon ini, Presiden Trump telah menulis surat ucapan duka cita dengan meninggalnya ibunda Presiden Joko Widodo. [em/gt/ah]

Lihat komentar (2)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG