Tautan-tautan Akses

AS

Trump Bela Pusat Penahanan Imigran di AS


Anak-anak imigran mengantre makanan di kafetaria Pusat Penampungan Karnes County, di Karnes City, Texas, 10 September 2014.

Sehari setelah foto-foto yang dirilis menunjukkan kondisi mengerikan di dua pusat penahanan migran di Texas, Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa banyak dari para migran itu jauh lebih aman dan "hidup jauh lebih baik sekarang daripada di tempat asal mereka."

"Jika imigran ilegal tidak senang dengan kondisi di pusat-pusat penahanan yang dibangun dengan cepat, katakan saja pada mereka untuk tidak usah datang (ke Amerika)," tulis Trump pada Rabu (3/7). "Semua masalah terpecahkan!" tandas Trump.

Trump menyalahkan masalah migran itu pada apa yang disebutnya "hukum imigrasi buruk yang dibuat oleh Partai Demokrat."

Dia menambahkan, Patroli Perbatasan melakukan "pekerjaan besar," tanpa menyebut skandal di mana petugas dan mantan petugas dituduh memuat postingan bernada rasis dan seksis di Facebook, tentang migran dan anggota parlemen Hispanik.

Sebuah laporan pada Selasa (2/7) oleh inspektur jenderal Departemen Keamanan Dalam Negeri menggambarkan kondisi yang mengerikan dan padatnya penghuni di pusat-pusat penahanan migran di Texas. Seorang manajer di salah satu fasilitas itu mengatakan dia khawatir akan keamanan para stafnya, dan menyebut situasi itu seperti "bom waktu". [ps/pp]

XS
SM
MD
LG