Tautan-tautan Akses

Presiden Trump Batalkan Rencana Kunjungan ke London


Kedutaan Amerika di London, Inggris. (Foto: KieranTimberlake)

Presiden Amerika Donald Trump telah membatalkan rencana kunjungannya ke London. Ia mengakhiri semua spekulasi mengenai lawatan ini dengan cuitannya di Twitter beberapa waktu menjelang Kamis tengah malam. Dalam cuitannya ia mengemukakan alasannya membatalkan lawatan itu karena ia tidak senang dengan penjualan gedung kedutaan Amerika di London yang menurutnya semula berada di lokasi terbaik, dan yang ia tuduh dilakukan oleh pemerintahan Obama.

Namun, situs web Kedutaan Amerika menyebutkan pemerintah Amerika membeli lokasi baru kedutaan itu pada tahun 2008, sebelum Presiden Barack Obama mulai menjabat pada tahun 2009. Gedung lama kedutaan dijual pada tahun 2009.

Trump sebelumnya dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke London sebelum akhir Februari, di mana ia diharapkan meresmikan gedung baru kedutaan dan bertemu dengan Perdana Menteri Theresa May, tetapi tanggalnya belum diumumkan.

Pers Inggris melaporkan bahwa Trump disebut-sebut tidak senang dengan kurangnya sambutan dalam lawatan itu, dan bahwa ia tidak akan bertemu dengan Ratu Inggris, karena status lawatan itu diturunkan dari kunjungan kenegaraan menjadi kunjungan kerja, yang gengsinya lebih rendah.

Kedutaan Amerika pindah dari Grosvenor Square di Mayfair ke daerah Nine Elms di Wandsworth. Gedung baru ini akan menghadapi pemandangan Sungai Thames. Proyek pembangunan bernilai 1 miliar dolar itu dimulai pada November 2013 dan didanai sepenuhnya oleh hasil penjualan properti-properti Amerika di London. [uh]

XS
SM
MD
LG