Tautan-tautan Akses

AS

Trump: AS Akui Kedaulatan Israel terhadap Dataran Tinggi Golan


Senator AS Lindsey Graham (kiri) dan PM Benjamin Netanyahu (tengah) saat berkunjung ke Dataran Tinggi Golan, 11 Maret 2019 lalu (foto: dok).

Presiden AS Donald Trump mengatakan hari Kamis (21/3), Amerika mengakui kedaulatan Israel terhadap dataran tinggi Golan. Dataran itu wilayah Suriah yang direbut Israel dalam perang enam hari tahun 1967 dan terus menguasainya sejak itu.

Dalam komentarnya di Twitter, Trump mengatakan dataran tinggi Golan ‘letaknya strategis dan sangat penting bagi keamanan negara Israel dan stabilitas regional’.

Pernyataan Trump itu dikeluarkan sementara Menteri Luar Negeri Mike Pompeo berada di Yerusalem. Ia menjadi pejabat tertinggi Amerika yang mengunjungi Tembok Ratapan bersama perdana menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Netanyahu menuduh Iran hendak melancarkan serangan terhadap Israel dari dataran tinggi Golan dan mengatakan ‘sebab itu dan banyak lagi sudah waktunya masyarakat internasional mengakui Israel tetap berada di dataran itu dan fakta bahwa Golan akan tetap bagian dari negara Israel. (al)

XS
SM
MD
LG