Tautan-tautan Akses

Menlu AS di Timur Tengah, Galang Dukungan Menentang Iran


Menlu AS Mike Pompeo dan Menlu Kuwait Sheikh Sabah Al-Khalid Al-Sabah bertukar dokumen yang ditandatangani di Kota Kuwait, Kuwait, 20 Maret 2019.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo berada di Timur Tengah untuk melangsungkan pembicaraan keamanan regional di Kuwait, Israel dan Lebanon sebagai bagian dari usaha Washington mengalang dukungan baru untuk menentang agresi Iran.

Diplomat tertinggi AS itu tiba, Rabu (20/3), di Kuwait City, di mana ia berencana membahas rencana strategi AS di kawasan itu dan isu-isu bahan bakar dengan para pejabat Kuwait.

Setelah Kuwait, Pompeo akan berkunjung ke Israel dan bertemu PM Benjamin Netanyahu, yang pemerintahnya diperkirakan akan menghadapi kesulitan pada pemilu 9 April terkait penyelidikan korupsi terhadap dirinya. Netanyahu juga menghadapi tuduhan-tuduhan suap, penipuan dan pelanggaran kepercayaan.

Pompeo mengatakan dalam perhentian ketiganya di Beirut, ia akan menghabiskan banyak waktu dengan pemerintah Lebanon untuk membahas bagaimana Washington dapat membantu negara itu menghadapi ancaman Iran dan kelompok Hizbullah,

AS menganggap Hizbullah sebagai organiassi teroris yang pro-Iran, meskipun memiliki keterwakilan dalam pemerintahan koalisi PM Saad Hariri, yang dikenal sebagai sekutu AS. [ab]

XS
SM
MD
LG