Tautan-tautan Akses

AS

Trump akan Kirim Dubes AS untuk PBB ke Sudan Selatan, Kongo


Presiden AS Donald Trump berbicara dengan Dubes AS untuk PBB Nikki Haley dalam pertemuan PBB di New York (18/9).

Presiden AS Donald Trump telah mengatakan kepada para pemimpin Afrika bahwa dia akan mengirim duta besar untuk PBB Nikki Haley ke Sudan Selatan dan Republik Demokratik Kongo.

"Kami memantau secara ketat dan merasa sangat prihatin karena kekerasan yang sedang berlangsung di Sudan Selatan dan di Kongo," kata Trump dalam sebuah pertemuan makan siang hari Rabu dengan para pemimpin Afrika di sela-sela Sidang Umum PBB.

"Jutaan jiwa terancam dan kami terus memberikan bantuan kemanusiaan, namun hasil nyata dalam menghentikan bencana ini memerlukan proses perdamaian yang dipimpin oleh orang Afrika, dan komitmen yang benar-benar serius dari semua pihak yang terlibat."

Presiden mengatakan Haley akan "membahas beragam konflik dan resolusi dan yang terpenting, pencegahan," katanya.

Sudan Selatan terperosok ke dalam perang saudara yang sudah berlangsung empat tahun dan membuat sekitar empat juta orang mengungsi, sementara Kongo mengalami keresahan yang meningkat karena bentrokan komunal dan ketidakpastian mengenai pemilihan umum. Presiden Kongo Joseph Kabila masih menjabat setelah mandatnya berakhir pada bulan Desember 2016.

Trump juga mengemukakan bahwa enam dari sepuluh negara dengan pertumbuhan tercepat berada di Afrika. [as]

XS
SM
MD
LG