Tautan-tautan Akses

AS

Prioritas Trump di Sidang Umum PBB: Isolasi Diplomatik Global terhadap Korut


Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley (kiri) dan Penasihat Keamanan Nasional H.R. Master berbicara kepada media terkait isu Korea Utara di Gedung Putih hari Jumat (15/9).

Presiden AS Donald Trump akan mengupayakan pengetatan isolasi ekonomi global terhadap Korea Utara dalam sidang Majelis Umum PBB pekan depan, menurut dua pejabat senior yang mengatakan Trump akan menegaskan kegagalan diplomasi akan meningkatkan kemungkinan perang.

Dalam briefing Gedung Putih hari Jumat (15/9), Duta Besar Amerika untuk PBB Nikki Haley dan Penasihat Keamanan Nasional H.R. Master menyambut baik langkah Dewan Keamanan untuk memberlakukan sanksi baru terhadap Korea Utara, tetapi perilaku Pyongyang tidak berubah.

“Yang kita lihat adalah Pyongyang tetap provokatif, tetap nekad,” kata Haley.

“Tidak banyak yang dapat dilakukan PBB dari sini, setelah memangkas 90 persen perdagangan dan 30 persen minyak. Jadi saya tidak bermasalah untuk menyerahkan masalahnya kepada Menteri Pertahanan James Mattis, karena ia punya banyak opsi,” tegasnya.

McMaster mengatakan diperlukan dukungan global bagi diplomasi yangcdidukung penegakan sanksi secara kuat untuk menghindari yang disebutnya “opsi militer.”

“Yang harus kita lakukan adalah menyerukan kepada semua negara, semua orang, agar melakukan apa yang dapat dilakukan untuk menangani masalah ini tanpa perang,” kata McMaster kepada wartawan. [ds]

XS
SM
MD
LG