Tautan-tautan Akses

Gedung Putih: Trump Akan Hadiri KTT Negara-Negara Amerika


Peta generik Peru dan Amerika Selatan

Pejabat Gedung Putih mengatakan Presiden Amerika Donald Trump akan menghadiri KTT negara-negara Amerika di Peru bulan April ini.

Pejabat di Amerika dan Peru hari Jumat mengatakan kepada media di kedua negara bahwa Trump telah mengkonfirmasi niatnya untuk menghadiri pertemuan puncak tersebut.

KTT regional, yang dimulai tahun 1994, dipandang sebagai forum penting bagi Amerika untuk memengaruhi peristiwa-peristiwa di seluruh kawasan.

Keputusan itu mengakhiri spekulasi bahwa ketegangan antara Amerika dan beberapa tetangganya di selatan bisa menyebabkan Trump tidak menghadiri puncak KTT itu.

Trump mengecam kebijakan negara-negara Amerika Latin terkait narkoba dan perdagangan dan telah menyatakan akan menindak imigrasi ilegal dari wilayah tersebut ke Amerika.

KTT negara-negara Amerika tahun ini akan diadakan di Lima, Peru, dari tanggal 13 hingga 14 April.

KTT itu dibayangi kontroversi seputar Presiden Venezuela Nicolas Maduro. Pemimpin Peru telah berulang kali mengatakan Maduro tidak diundang menghadiri KTT itu karena pemerintahnya yang semakin otokratis, tapi Maduro baru-baru ini mengatakan bertekad untuk hadir.

KTT terakhir negara-negara Amerika berlangsung di Panama tahun 2015. Waktu itu Presiden Barack Obama bertemu dengan pemimpin Kuba Raul Castro untuk kali pertama. [my/ds]

XS
SM
MD
LG