Tautan-tautan Akses

Venezuela Secara Resmi Luncurkan Mata Uang Digital


Presiden Venezuela Nicolas Maduro pada peluncuran mata uang digital Petro di Caracas, Venezuela, Selasa (20/2).

Venezuela hari Selasa (20/2) secara resmi meluncurkan mata uang digitalnya "Petro", dalam upaya mengalihkan negara tersebut dari krisis ekonomi yang semakin buruk.

Pemerintah Venezuela yang beraliran kiri menawarkan 38,4 juta unit Petro, mata uang digital yang pertama didukung negara untuk pra-penjualan pribadi sejak dini hari.

Total sebanyak 100 juta Petros nantinya akan dijual, dengan nilai awal ditetapkan 60 dolar, berdasarkan harga satu barel minyak mentah Venezuela pada pertengahan Januari.

Negara Amerika Latin itu memiliki cadangan minyak yang terbukti terbesar di dunia namun menghadapi krisis ekonomi dan politik yang melumpuhkan.

Wakil Presiden Tareck El Aissami mengatakan Petro akan "membangkitkan kepercayaan dan keamanan di pasar nasional dan internasional."

Presiden Nicolas Maduro awal Desember mengumumkan Venezuela yang dikenakan sanksi oleh Amerika dan juga Uni Eropa akan menerbitkan mata uang digital. Ia berharap Petro membuka peluang "pembiayaan baru" dalam menghadapi sanksi Amerika yang melarang warga dan perusahaan Amerika melakukan transaksi perdagangan dengan Venezuela dan perusahaan minyaknya PDVSA.

Para pakar skeptis dengan peluang sukses Petro dan mengatakan ketidakseimbangan ekonomi di dalam negeri hanya akan memperlemah kepercayaan pada mata uang baru tersebut. Venezuela terjerumus dalam krisis ekonomi parah yang dipicu oleh penurunan harga minyak mentah dan penurunan produksi minyak, yang menyumbang sekitar 96 persen pada ekspor negara tersebut. [my/jm]

XS
SM
MD
LG