Tautan-tautan Akses

AS

Trump akan Bahas Ekonomi, Imigrasi dan Perdagangan dalam Pidato Kenegaraan


Presiden Amerika Serikat Donald Trump, bersama Duta Besar PBB Nikki Haley (kanan) saat jamuan makan siang bersama anggota Dewan Keamanan PBB di Gedung Putih, Washington DC, 29 Januari 2018.

Presiden Amerika Donald Trump diperkirakan akan menyoroti pertumbuhan pesat ekonomi dan meminta tindakan bipartisan dalam imigrasi ketika dia memberikan pidato kenegaraan yang dikenal sebagai State of the Union pada Selasa malam.

Pidato yang disiarkan melalui televisi secara nasional di depan sidang gabungan Kongres ini disampaikan satu tahun setelah Trump mulai menjabat dan sekitar satu minggu setelah sengketa mengenai anggaran dan kebijakan menyangkut sekelompok imigran yang datang ke Amerika secara ilegal ketika kanak-kanak menyebabkan penghentian sebagian operasi pemerintah federal.

Tonton: Apakah pidato SOTU itu?

Para pejabat Gedung Putih mengatakan Trump akan membahas pekerjaan, reformasi ekonomi dan pajak, serta meminta anggota kongres menyetujui rencana infrastruktur bernilai triliunan dolar.

Dia juga diperkirakan akan berbicara tentang masalah keamanan nasional, termasuk aktivitas rudal nuklir dan balistik Korea Utara, dan juga perlunya kebijakan perdagangan yang adil.

Seperti tradisi selama ini, beberapa tokoh Partai Demokrat akan memberikan pidato tanggapan yang lebih pendek setelah presiden menyelesaikan pidatonya. [lt]

XS
SM
MD
LG