Tautan-tautan Akses

Trump: Akan Ada Keputusan Besar Soal Kesepakatan Iklim Paris


Orang-orang bersorak menyambut Presiden AS, Donald Trump, yang tampil di panggung dalam rapat akbar di Harrisburg, Pennsylvania, AS tanggal 29 April 2017 (foto: REUTERS/Carlo Allegri)

Dalam dua minggu ke depan, Presiden Amerika Donald Trump menjanjikan akan ada "keputusan besar" mengenai kesepakatan iklim Paris

Presiden Amerika Donald Trump menjanjikan "keputusan besar" mengenai kesepakatan iklim Paris dalam dua minggu ke depan.

Trump berbicara pada hari ke-100 menjabat, dalam rapat umum di Harrisburg, Pennsylvania, di stadion yang menampung hingga 10.000 orang, di mana hadirin yang bersikap mendukung, menyambutnya dengan sorakan "USA! USA! USA!"

Pada awal pidato presiden, seorang pemrotes diamankan dan dikeluarkan. "Bawa dia keluar dari sini," ujar presiden, sementara penonton bersorak lagi.

Presiden menyakan merasa lega karena tidak harus menghadiri Makan Malam dengan Wartawan Gedung Putih, acara amal tahunan di Washington, DC yang berlangsung bersamaan dengan rapat umumnya. Ia menunjuk ke bagian media yang meliput pidatonya dan mengatakan, "Lihat media di sana, mereka lebih senang berada di sini," katanya. Ia mengatakan memberi media "ponten kegagalan besar" dalam 100 hari pertama meliput kegiatannya.

Beralih ke 100 hari pertama menjabat, Trump membeberkan sejumlah pencapaian, dan mengatakan masa jabatannya "sangat menarik dan produktif," membuat penambang batu bara kembali bekerja, melindungi pekerja baja dan aluminium, dan "menghapus peraturan yang mematikan lapangan kerja." [ka]

XS
SM
MD
LG