Tautan-tautan Akses

AS

Ribuan Aktivis Lingkungan Gelar Pawai di Washington


Seorang pemrotes menaiki kereta batubara tiruan saat para pengunjuk rasa lainnya melakukan aksi protes menentang beroperasinya kereta pembawa batubara untuk tujuan ekspor melewati negara bagian Washington di Tacoma, Washington DC. (Foto: dok).

Puluhan ribu orang aktivis lingkungan diperkirakan akan berpawai di ibukota Amerika, Sabtu (29/4) dalam upaya memperoleh dukungan untuk perjuangan mereka terkait perubahan iklim.

Acara yang disebut "Pawai Iklim Rakyat" (People’s Climate March) tersebut, menurut panitia, diselenggarakan bertepatan dengan 100 Hari Pemerintahan Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat ke-45, yang telah mengutuk apa yang mereka pandang sebagai kurangnya keprihatinan pemerintahan Trump pada masalah lingkungan.

“Kebijakan pemerintahan Trump adalah malapetaka bagi iklim dan masyarakat kita, terutama masyarakat berpenghasilan rendah dan kulit berwarna yang berada di garis depan krisis ini,” kata Gerakan Iklim Rakyat (People’s Climate Movement), yang terdiri dari sekitar 50 kelompok aktivis liberal dalam pernyataan.

Kehadiran begitu banyak organisasi sponsor yang tidak terkait dengan iklim tercermin dalam "platform" kelompok tersebut, yang sepakat bahwa isu-isu yang diangkat oleh para aktivis tersebut cukup penting, namun ikut merasa (bahwa isu itu) tidak ditangani secara memadai oleh pemerintahan Presiden Trump.​ [gp]

XS
SM
MD
LG