Tautan-tautan Akses

Trump Janji Tanggapi Bencana Angin Topan dengan Cepat


Presiden AS Donald Trump bertemu dengan pejabat Jawatan Manajemen Darurat Federal (FEMA) untuk membahas musim angin topan mendatang di Washington, DC (4/8).

Presiden Amerika Donald Trump menjanjikan tanggapan Pemerintah Federal dengan cepat terhadap bencana badai, karena para peramal cuaca Amerika memperkirakan akan terjadi banyak badai besar.

Trump mengatakan kepada para pejabat Jawatan Manajemen Darurat Federal atau FEMA, Jumat (4/8), pemerintahannya akan memberikan pendanaan dengan cepat kalau terjadi keadaan darurat dalam musim badai ini.

Trump, dalam kunjungan ke markas besar FEMA di Washington untuk mendengarkan keterangan mengenai bagaimana jawatan itu, bersiap-siap menghadapi musim angin topan, mengatakan, “Kita bertindak cepat. Kita melakukannya secara efektif.”

Musim angin topan atau badai di wilayah Atlantik berlangsung dari tanggal 1 Juni sampai 30 November. Kegiatan angin topan meningkat dari akhir Agustus sampai September.

Jawatan Kelautan dan Atmosfir Nasional atau NOAA mengatakan, wilayah Atlantik dapat mengalami musim badai “di atas normal “ tahun ini. NOAA meramalkan akan ada dua sampai empat badai kuat dengan kecepatan angin hampir 180 kilometer per jam.

Para peramal cuaca Universitas Colorado State mengatakan hari Jumat kemungkinan akan terjadi lebih banyak angin topan yang berarti 62 persen kemungkinan angin topan melanda pantai laut Atlantik. Mereka mengatakan itu berarti lebih tinggi daripada yang terjadi pada abad ke-20 yang tercatat rata-rata 52 persen.

Mereka memperkirakan akan ada tiga topan besar dengan kecepatan angin sedikitnya 180 kilometer per jam dari 16 topan atau badai yang diperkirakan akan terjadi musim ini.

Para peramal cuaca mengatakan tidak adanya sistem cuaca El Niño tahun ini di Pasifik disertai suhu air laut yang tidak normal di Atlantik akan memberi waktu lebih panjang bagi angin topan berkembang dan menguat.

Permulaan musim ini Telah terjadi 5 badai tropis di Atlantik, termasuk badai tropis Emily, yang mendatangkan hujan lebat di beberapa bagian Florida awal pekan ini. Badai lainnya tidak berdampak di darat.

Kantor Pusat Badai Nasional mengatakan, dalam tahun- tahun tertentu, biasanya tidak terjadi lima badai menjelang tanggal 31 Agustus. [sp/ii]

XS
SM
MD
LG