Tautan-tautan Akses

Topan di Filipina Sebabkan Banjir dan Kerusakan, Sedikitnya 2 Tewas


Seorang pria mengelus seekor anjing di sepanjang jalan yang tertutup banjir akibat hujang yang ditimbulkan Topan Nock-Ten (26.12). Quezon City, Utara Manila, Filipina. (foto: AP Photo/Aaron Favila)

Akibat hembusan Topan Nock-Ten, sedikitnya dua orang tewas ketika topan tersebut melanda daratan Pulau Catanduanes hari Minggu petang.

Sedikitnya dua orang tewas akibat Topan Nock-Ten, yang mengacaukan pesta Natal di banyak daerah di Filipina, membawa angin kencang dan hujan ke Manila hari Senin (26/12), menurut pihak berwenang.

Topan melanda daratan hari Minggu petang di pulau Catanduanes yang terpencil dengan tiupan angin yang mencapai kecepatan 255 km/jam.

Meskipun telah sedikit melemah hari Senin, topan tersebut masih menimbulkan angin yang berkecepatan hingga 130 km/jam dan hembusan angin yang mencapai 215 km/jam, ujar para pejabat yang menangani masalah cuaca.

Polisi melaporkan sepasang suami istri tewas akibat hanyut oleh banjir bandang di provinsi Albay, tenggara Manila.

Topan, yang oleh penduduk lokal dikenal sebagai Topan Nina, bergerak menuju baratlaut dengan kecepatan 20 km/jam dan diperkirakan akan melanda Manila di petang harinya, dan bergerak keluar menuju Laut China Selatan hari Senin malam, ujar otoritas pemerintah yang bertugas memprediksi cuaca.

Sebanyak 200.000 orang siap siaga untuk diungsikan, namun para pejabat mengatakan tidak mudah untuk meminta mereka mengungsi dari rumah karena ini adalah liburan Natal, yang merupakan perayaan besar di negara yang mayoritas penduduknya penganut agama Katolik Roma.

Lebih dari 80 penerbangan domestik dan internasional dibatalkan, ujar para pejabat pertahanan sipil. Mereka memperingatkan akan kemungkinan Manila dilanda "hujan deras dan berkepanjangan, banjir bandang, dan angin kencang" ketika topan melanda.

"Dewan bencana lokal kami berada dalam keadaan siaga penuh. Kami telah menempatkan pasokan bantuan dalam keadaan siap didistribusikan dan perlengkapan penyelamatan dan pembuka jalan di Metro Manila," ujar Mina Marasigan, juru bicara untuk dewan pemantauan bencana nasional, kepada kantor berita Perancis.

Setelah melanda daratan, topan Nock-Ten bertiup ke arah barat melewati provinsi yang bergunung-gunung dan pulau-pulau, merusak rumah, menumbangkan pohon, dan memutuskan jalur komunikasi. [ww/dw]

XS
SM
MD
LG