Tautan-tautan Akses

Tingkat Harapan Hidup di Amerika Sedikit Menurun

  • Carol Pearson

Warga lansia di kota Citrus County, Florida mengadakan pertemuan (foto: ilustrasi).

Dalam laporan terbarunya, Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Amerika (CDC) mengatakan tingkat harapan hidup di Amerika sedikit menurun.

Umumnya orang tua berharap anak-anak mereka akan menikmati kehidupan yang menyenangkan dan berlangsung lama, dan sejak tahun 1950 warga Amerika melihat peningkatan harapan hidup dari usia 68 tahun menjadi 78 tahun 10 bulan. Tetapi dalam laporan terbarunya, CDC mendapati penurunan satu bulan.

Tampaknya penurunan ini tidak terlalu besar, tetapi Direktur CDC Tom Frieden mengatakan kepada VOA, ini mungkin signifikan.

“Dalam hal tingkat harapan hidup, umumnya dari tahun ke tahun ada perubahan. Tetapi apa yang kita lihat adalah terjadinya pengurangan penurunan serangan jantung dan stroke dalam jangka panjang,” ungkapnya.

Faktor utamanya mungkin obesitas. Statistik menunjukkan dua dari tiga orang dewasa Amerika mengalami kelebihan berat badan atau menderita obesitas. Penyakit jantung dan stroke paling mudah dicegah dengan menjaga berat badan, makan makanan yang sehat, olahraga secara reguler dan tidak merokok. Gaya hidup sehat juga mengurangi resiko diabetes, pembunuh utama lainnya.

Tetapi Frieden menunjukkan faktor baru yang menurunkan tingkat harapan hidup.

“Kita juga melihat peningkatan besar jumlah kematian akibat overdosis obat-obatan yang mengandung candu,” tambahnya.

Data CDC menunjukkan kematian akibat resep opioids (bahan seperti opium yang mengikat satu atau lebih dari tiga reseptor dalam tubuh) meningkat empat kali lipat dalam kurang dari 20 tahun. Sejak tahun 1999 lebih dari 183 ribu orang meninggal di Amerika akibat overdosis resep opioids.

Kecanduan obat-obatan resep yang mengandung opioids membuat orang beralih ke narkotika yang lebih murah seperti heroin dan fentanil, sejenis opioid sintetis. CDC melaporkan penggunaan heroin naik lebih dari dua kali lipat dalam 10 tahun ini, sehingga tak heran jika terjadi kematian akibat heroin yang sangat besar.

“Untuk menurunkan penyalahgunakan opioid, kita perlu mengatasi rasa sakit dan kecanduan, dan penegak hukum perlu mengupayakan supaya narkoba ini sulit didapatkan, lebih mahal, lebih susah diperoleh dan secara keseluruhan ini penting untuk membalikkan penyalahgunaan dan kecanduan opioid yang mengerikan, dan kematian yang diakibatkannya,” kata Frieden.

WHO mengatakan kecanduan obat resep opioid meningkat di seluruh dunia. Meskipun tingkat harapan hidup di sebagian besar negara meningkat, obesitas naik lebih dari dua kali lipat sejak tahun 1980, membuat lebih banyak orang beresiko terkena serangan jantung dan stroke. [em/ii]

XS
SM
MD
LG