Tautan-tautan Akses

Ketimpangan Akses Kesehatan Warga AS

  • Carol Pearson

Menteri Kesehatan dan Layanan Masyarakat, Sylvia Burwell, berbicara selama konferensi pers. (foto: AP Photo/Alex Brandon)

Kongres Amerika sedang bersiap melangsungkan debat lain tentang bagaimana mempermudah akses warga Amerika pada layanan kesehatan, dan apakah perlu atau tidak mengganti UU layanan kesehatan yang digagas Presiden Barack Obama.

Selama ini para peneliti mengetahui bahwa mereka yang bisa mengakses layanan kesehatan yang lebih baik umumnya adalah mereka yang lebih sehat dibanding yang tidak mampu mengakses layanan tersebut. Tetapi kini para peneliti tahu siapa yang paling mungkin meninggal akibat overdosis obat-obatan dan dimana mereka tinggal. Dr. Christopher Murray dan beberapa peneliti lain di Universitas Washington mengkaji sertifikat kematian lebih dari 3.000 warga Amerika di sejumlah negara bagian Amerika selama 34 tahun, dari tahun 1980 hingga 2014. Murray mengatakan:

“Kami mendapati penyebab yang berbeda lebih menentukan di beberapa bagian lain di Amerika. Misalnya di bagian Barat, kematian akibat aksi kekerasan lebih umum terjadi, sementara penyakit jantung lebih umum terjadi di bagian tenggara. Kematian akibat narkoba lebih kerap terjadi di Virginia Barat atau Kentucky.”

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di seluruh Amerika, tetapi Murray mengatakan resiko penyakit jantung dan penyakit-penyakit lain yang secara signifikan berbeda di tiap komunitas, menggaris-bawahi kesenjangan kesehatan yang mencolok di seluruh Amerika.

“Kita perlu benar-benar memahami mengapa ada variasi seperti itu dalam hal berapa lama orang hidup, dan apa penyebab meninggalnya anak-anak, orang dewasa dan lansia pada tingkat berbeda, di komunitas berbeda,” imbuh Murray.

Tiap-tiap negara bagian di Amerika dibagi atas beberapa distrik, dengan pemerintah lokal sendiri. Tim peneliti itu mendapati perbedaan kesehatan di distrik-distrik dalam negara bagian yang sama. Lebih jauh Murray mengatakan kesenjangan tingkat harapan hidup dari satu distrik ke distrik lain juga meningkat.

“Sangat penting bagi kita untuk memahami mengapa komunitas yang berbeda hidup dalam rentang kehidupan yang sangat berbeda. Variasi di seluruh Amerika juga sangat luar biasa. Ada perbedaan selama lebih dari 20 tahun di seluruh komunitas, dan kita perlu benar-benar memahami hal ini,’’ lanjut Murray.

Murray dan peneliti-peneliti lain mengatakan penelitian mereka bisa digunakan untuk menjawab penyebab kematian di daerah-daerah tertentu dan memulihkan kesehatan warga Amerika secara keseluruhan.

Penelitian ini telah diterbitkan di Journal of the American Medical Association. [em/al]

XS
SM
MD
LG