Tautan-tautan Akses

AS

Tim Futbol Washington DC Ganti Nama "Redskins"


Tim futbol di ibukota AS akan segera menghapus nama 'Redskins' karena dianggap menghina warga suku asli Indian Amerika.

Setelah berbagai protes dan kontroversi bertahun-tahun, Washington Redskins, tim futbol profesional di ibukota AS, Senin (13/7) mengatakan akan segera menghapus nama 'Redskins'. Nama itu dikritisi karena dianggap menghina warga suku asli Indian Amerika.

Pemilik tim Dan Snyder dulu pernah berjanji tidak akan pernah mengubah nama tim tersebut. Tapi kurang dari dua pekan setelah dia meluncurkan apa yang digambarkannya "peninjauan menyeluruh" terhadap penggunaan nama Redskins, tim itu mengatakan nama itu akan "dipensiunkan."

Para pendukung warga suku asli Indian Amerika sejak dulu mengecam nama itu, menyebutnya "ejekan rasial."

Tapi Snyder dan dukungannya terhadap nama itu semakin disorot pasca protes-protes nasional menentang penyalahgunaan wewenang polisi terhadap minoritas, menyusul kematian seorang laki-laki berkulit hitam, George Floyd, dalam tahanan polisi.

Snyder juga menghadapi tekanan dari sponsor korporat penting terhadap waralaba Liga Futbol Nasionalnya. FedEx, Nike, Pepsi dan Bank of America semuanya menentang nama 'Redskins', yang telah digunakan oleh waralaba itu sejak 1933 ketika tim itu masih berbasis
di Boston.

Tim itu mengatakan akan segera mengumumkan nama baru. [vm/jm]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG