Tautan-tautan Akses

AS

Pemimpin Partai Demokrat di California Desak Turunkan Patung John Wayne


John Wayne, mantan aktor dan sutradara ternama AS yang meninggal tahun 1979.

Dalam langkah terbaru untuk mengubah nama sejumlah tempat karena sejarah rasial di Amerika, beberapa pemimpin Partai Demokrat di Orange County, California, mendorong untuk mengubah nama, patung dan apapun yang terkait John Wayne dari bandara distrik itu karena pernyataan-pernyataan rasis dan fanatiknya.

Associated Press mengutip Los Angeles Times awal pekan ini bahwa para pejabat telah meloloskan resolusi darurat yang mengutuk “pernyataan rasis dan fanatik” yang disampaikan John Wayne dalam wawancara tahun 1971 dan menyerukan pada Dewan Pengawas Orange County untuk menghilangkan nama, patung dan hal-hal lain terkait John Wayne dari bandara internasional mereka.

Dalam wawancara dengan majalah Playboy, Wayne membuat pernyataan-pernyataan fanatik terhadap warga Amerika keturunan Afrika, warga asli Amerika dan komunitas LGBTQ. Ia mengatakan “saya tetap percaya pada supremasi kulit putih hingga warga Amerika keturunan Afrika dapat belajar bertanggungjawab. Saya tidak setuju memberikan wewenang dan posisi kepemimpinan pada orang-orang yang tidak bertanggung jawab.”

Menurut orang-orang yang merancang resolusi itu, upaya untuk menghapus nama John Wayne, penduduk lama Orange County yang meninggal tahun 1979, sebagai bagian dari “gerakan nasional untuk mencopot simbol dan nama supremasi kulit putih yang telah membentuk institusi, monumen, bisnis, LSM, liga dan tim olahraga.”

Wayne mengatakan meskipun ia tidak mendukung perbudakan, “saya tidak merasa bersalah dengan fakta bahwa lima atau sepuluh generasi lalu, orang-orang ini [warga Amerika keturunan Afrika.red] adalah budak.”

Aktor itu mengatakan ia tidak merasa menyesal dengan penaklukan penduduk asli Amerika. “Saya tidak merasa kita melakukan kesalahan dengan merebut negara besar ini dari mereka. Yang disebut mencuri negara ini dari mereka hanya lah soal bertahan hidup,” katanya. “Ada banyak orang yang membutuhkan lahan baru dan orang-orang Indian, dengan egois berusaha mempertahankannya untuk diri mereka sendiri,” tambahnya.

Wayne juga menyebut film seperti “Easy Rider” dan “Midnight Cowboy” sesat dan menggunakan cercaan gay untuk merujuk pada dua tokoh utama dari film terakhir itu.

Pengawas di Orange County Don Wagner mengatakan kepada Los Angeles Times bahwa ia baru saja mendengar tentang resolusi Partai Demokrat itu dan belum mengetahui secara pasti kata-kata atau manfaat resolusi itu. [em/ii]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG