Tautan-tautan Akses

AS

Stone Mountain, Monumen Konfederasi Terbesar


Protes di depan monumen Konfederasi yang diukir menjadi granit di Stone Mountain Park di Stone Mountain, Georgia, AS, 16 Juni 2020. (Foto: Reuters)

Sementara patung tokoh-tokoh pemilik budak AS berjatuhan di seluruh negara itu, monumen Konfederasi terbesar yang pernah ada, mungkin akan bertahan paling lama.

Stone Mountain di negara bagian Georgia menampilkan pahatan Jenderal Robert E. Lee, Presiden Konfederasi Jefferson Davis dan Jenderal Thomas J. " Stonewall" Jackson. Pahatan itu berukuran sangat besar, setinggi lebih dari 27 meter.

Pakar Geologi Ben Bentkowski memperkirakan perlu dana lebih dari 1 juta dolar untuk merusak pahatan itu dengan bahan peledak. Selain itu juga ada kendala hukum. UU Georgia tahun 2001 menjamin pelestarian monumen Stone Mountain.

Monumen itu, yang diselesaikan pada 1972, telah menarik jutaan pengunjung ke taman negara bagian yang terletak di luar Atlanta itu.

Taman di Stone Mountain itu lebih "memasarkan diri" sebagai taman atraksi keluarga, ketimbang monumen Konfederasi. [vm/ah]

Lihat komentar (2)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG