Tautan-tautan Akses

AS

Tillerson Dampingi Trump dalam Lawatan ke Asia


Presiden AS Donald Trump (kanan) dan Menlu AS Rex Tillerson dalam rapat kabinet di Gedung Putih, Rabu (1/11).

Menteri Luar Negeri Amerika Rex Tillerson akan berkunjung ke Myanmar dan mendampingi Presiden Donald Trump dalam kunjungannya ke Asia, kata Departemen Luar Negeri dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis (2/11).

Tillerson akan berkunjung ke Tokyo tanggal 5 sampai 7 November bersama Trump dan turut dalam pembicaraan bilateral antara Presiden Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Tillerson dan Trump kemudian akan melakukan perjalanan ke Korea Selatan, China, Vietnam, dan Filipina. Menlu Tillerson akan melakukan perjalanan tambahan ke Myanmar.

"Lawatan Tillerson ke enam negara tersebut menunjukkan komitmen pemerintah terhadap aliansi dan kemitraan kami di Asia Pasifik dan menggaris-bawahi kesinambungan keterlibatan kami dalam Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) dan KTT Asia Timur mengenai isu-isu regional yang menjadi kepentingan dan perhatian bersama,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Heather Nauert dalam sebuah pernyataan.

Dalam lawatan tersebut, pembicaraan dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan para pemimpin lainnya diperkirakan akan berpusat pada soal bagaimana mengatasi pengembangan senjata nuklir dan rudal balistik yang terus dilakukan Korea Utara. [sp/al]

XS
SM
MD
LG