Tautan-tautan Akses

Tes Toksikologi Temukan 5 Jenis Obat dalam Tubuh Woods


Tiger Woods bertanding di Farmers Insurance Open golf tournament, 27 Januari 2017 di Torrey Pines Golf Course in San Diego. (Foto:dok)

Lima jenis obat ditemukan dalam sistem tubuh mantan pegolf nomor satu dunia Tiger Woods saat ia ditangkap pada bulan Mei karena dicurigai mengemudi di bawah pengaruh obat-obatan, menurut Reuters mengutip laporan ESPN, Senin (14/8).

ESPN dalam laporan yang mengutip salinan laporan toksikologi, mengatakan bahwa dalam tubuh Woods ditemukan Hydrocodone atau obat generik penghilang rasa sakit dari obat bermerek Vicodin; Hydromorphone, obat penghilang rasa sakit yang dikenal dengan merek Dilaudid; Alprazolam, obat tidur dan tidur yang dikenal dengan merek Xanax; Zolpidem, obat tidur yang dikenal dengan merek Ambien; Dan Delta-9 carboxy THC, bahan aktif dalam ganja.

Tidak diketahui apakah Woods memiliki resep untuk semua obat tersebut. Di Florida, ganja dilegalkan untuk penggunaan medis.

Kantor Sheriff Palm Beach tidak merespon permintaan yang diajukan oleh Reuters untuk mendapatkan salinan laporan toksikologi.

Woods, yang selalu menempati urutan kedua dalam daftar juara dan memiliki 14 gelar kejuaraan utama, diperiksa di sebuah klinik pada bulan Juni untuk perawatan ketergantungan obat-obatan resep.

Woods mengatakan ia sudah menyelesaikan pengobatannya bulan lalu.

“Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, saya telah mendapatkan pertolongan profesional untuk membantu mengurus obat-obatan saya,” kata Woods dalam sebuah pernyataan.

“Baru-baru ini, saya telah mencoba sendiri mengobati sakit punggung dan kelainan tidur, termasuk insomnia. Tapi sekarang saya sadar bahwa salah untuk mengkonsumsi obat tanpa bantuan medis.”

Polisi menemukan Woods berhenti di sisi jalan daerah Palm Beach dengan Mercedes-Benznya sekitar pukul 03.00 pagi pada 29 Mei.

“Dia berbicara sangat lambat dan tidak jelas" setelah dibangunkan oleh seorang petugas kepolisian. Namun ia sangat kooperatif dan mengatakan kepada petugas bahwa dia mengambil beberapa resep obat, termasuk Xanax, menurut sebuah laporan polisi.

Tes darah menunjukkan bahwa ada obat penghilang rasa sakit Vicodin dan anti depresi Xanax dalam sistem tubuhnya tapi tidak ada kandungan alkohol. Dia didakwa mengemudi di bawah pengaruh obat-obatan dan menghentikan kendaraannya di tempat yang tidak semestinya.

Dalam sebuah pernyataan setelah penangkapannya, Woods meminta maaf kepada para penggemar dan menyalahkan insiden tersebut pada obat resep yang ia gunakan untuk mengatasi rasa sakit akibat operasi di bagian belakang tubuhnya. [aa/fw]

XS
SM
MD
LG