Tautan-tautan Akses

Teroris, Polisi Baku Tembak di Yogyakarta, 3 Terduga Teroris Tewas


Polisi tengah berada di lokasi penembakan di kawasan Sleman, Yogyakarta, 14 Juli 2018.
Polisi tengah berada di lokasi penembakan di kawasan Sleman, Yogyakarta, 14 Juli 2018.

Polisi di Yogyakarta membenarkan adanya kejadian baku tembak dengan empat terduga teroris di Jalan Kaliurang Sabtu petang (14/7) yang mengakibatkan tiga orang terduga teroris meninggal dunia di tempat kejadian.

Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah, Polda Daerah Istimewa Yogyakarta AKBP Yulianto membenarkan adanya baku tembak antara empat terduga teroris dengan polisi di Jalan Kaliurang, Sabtu (14/7) sekitar pukul 17.30 WIB. Jalan Kaliurang yang selalu padat lalu-lintas ditutup untuk umum selama sekitar 1 jam. Akibat baku tempak tersebut, tiga terduga teroris meninggal di tempat kejadian dan satu orang melarikan diri.

Yulianto menjelaskan, upaya penangkapan terhadap keempat terduga teroris itu dilakukan sebagai pengembangan dari penangkapan lima terduga teroris oleh tim yang terdiri dari Detasemen Khusus Anti Teror, Densus-88 dan Satuan Tugas Anti Teror Polda DIY beberapa hari sebelumnya.

“Malam ini kita melakukan penindakan kepada terduga teroris yang diamankan di lokasi, kondisinya pemeriksaan meninggal namun demikian kita belum tahu apakah secara medis masih bisa diselamatkan atau tidak. Ini adalah pengembangan dari penangkapan yang sudah kita lakukan terhadap lima terduga teroris beberapa hari yang lalu. Jadi tadi dilakukan pengejaran, penangkapan, namun yang bersangkutan, para terduga terris ini melakukan perlawanan,” jelasnya.

Akibatnya, menurut AKBP Yulianto, dua anggota Densus 88 mengalami luka-luka akibat sabetan parang oleh terduga teroris.

Teroris, Polisi Baku Tembak di Yogyakarta, 3 Terduga Teroris Tewas
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:17 0:00

“Anggota mengalami luka di bagian tangannya dan di bagian pinggang pada saat mau melakukan penangkapan. Sehingga dilakukan tindakan tegas. Untuk barang bukti yang sementara bisa kami sampaikan adalah senpi (senjata api) laras pendek dan senjata tajam sebanyak empat buah”.

Hingga Sabtu malam (14/7), polisi belum bisa memberikan keterangan rinci mengenai kronologi kejadian baku tembak maupun barang bukti berupa senjata api laras pendek yang dimiliki terduga teroris.

Tiga terduga teroris yang meninggal dunia adalah inisial S, AS dan GR. Sedangkan satu orang yang melarikan diri adalah BR. Ketiga terduga teroris yang meninggal itu saat ini berada di Rumah Sakit Bhayangkara Polda DIY. [ms/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG