Tautan-tautan Akses

Tentara Meksiko Bebaskan 34 Migran Amerika Tengah yang Diculik


Migran Amerika Tengah mengantri untuk memasuki AS, meminta perlindungan dan memohon untuk dipersatukan dengan anak-anaknya, setelah dipisahkan oleh petugas imigrasi dalam perlintasan batas di Mexicali-Calexico, Meksiko, 2 Maret 2019 (foto: Reuters/Cristian Torres)

Tentara Meksiko mengatakan telah membebaskan 34 migran Amerika Tengah yang diculik di bagian utara Tamaulipas, di seberang negara bagian Texas.

Pernyataan tertulis Departemen Pertahanan hari Kamis (14/3) mengatakan para migran itu ditahan di sebuah lokasi di Altamira, yang dijaga ketat. Diantara 34 migran itu, 25 berkewarganegaraan Honduras, 8 dari Guatemala dan seorang lainnya dari El Salvador.

Kelompok migran yang diculik ini berbeda dengan sedikitnya 19 migran lainnya yang diculik dari bis di negara bagian yang sama tanggal 7 Maret lalu. Hingga laporan ini disampaikan, keberadaan mereka masih belum diketahui.

Tamaulipas adalah rute terpendek dari negara-negara di Amerika Tengah menuju ke Amerika. Namun banyak kelompok kriminal mencari mangsa di rute ini, termasuk dengan menculik para migran untuk mendapatkan uang tebusan. [em]

Recommended

XS
SM
MD
LG