Tautan-tautan Akses

Tawanan Politik Tibet Melarikan Diri ke California


Para pendemo dari "Mahasiswa untuk Pembebasan Tibet Jepang," meneriakkan slogan menuntut pembebasan sutradara film asal Tibet, Dhondup Wangchen, yang wajahnya tampak di poster. Demonstrasi berlangsung di depan Kedutaan Besar China di Tokyo, 1 Agustus 2009.

Aktivis dan pembuat film Tibet, Dhondup Wangchen, yang telah ditahan di Cina selama hampir sepuluh tahun, telah melarikan diri dari Tibet dan bergabung dengan istri dan keempat anaknya di San Francisco.

Wangchen ditahan oleh pihak berwenang CinaMaret 2008 terkait dengan sebuah film dokumenter sepanjang 25 menit berjudul "Leaving Fear Behind." Film itu digambarkan oleh New York Times sebagai "sebuah dakwaan terbuka atas pemerintah Cina."

Organisasi Swiss yang bernama "Filming for Tibet," telah berkampanye untuk pembebasan Dhondup Wangchen selama beberapa tahun, mengatakan Wangchen tiba di California 25 Desember.

Video “Leaving Fear Behind” itu menunjukkan orang-orang Tibet yang berbicara tentang Dalai Lama, Olimpiade Beijing 2008, keadaan HAM di wilayah Tibet dan isu-isu lainnya.

Film itu juga juga menunjukkan liputan langsung VOA Seksi Bahasa Tibetan tentang pemberian Medali Emas oleh Kongres Amerika kepada Dalai Lama di Capitol Hill. Tidak lama setelah film tersebut disiarkan di luar Cina, Dhondup Wangchen dan asistennya, Jigme Gyatso, seorang biarawan senior Tibet, ditangkap.

Dalam surat kepada wartawan, kelompok advokasi itu mengutip Dhondup mengatakan bahwa dia menikmati "perasaan aman dan bebas" untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun. Dia mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang membantunya bergabung kembali dengan keluarganya, tapi tambahnya ia juga merasakan sakit ketika meninggalkan "negara saya, Tibet." [sp/ii]

XS
SM
MD
LG