Tautan-tautan Akses

Obama Bertemu Dalai Lama dan PM India Modi di New Delhi


Presiden AS Barack Obama ketika menerima kunjungan Dalai Lama di Gedung Putih, 15 Juni 2016. (Foto: dok).

Mantan Presiden AS Barack Obama dan pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama bertemu di New Delhi hari Jumat (1/12), untuk membahas upaya memajukan perdamaian di dunia, sebut kantor Dalai Lama.

Obama, yang sedang melakukan kunjungan ke tiga negara, juga bertemu dengan Perdana Menteri Narendra Modi di India, negara yang dikunjunginya setelah China.

“Baik sekali, saya pikir ini seperti reuni,” kata Dalai Lama seraya menyebut Obama sebagai teman lama dan terpercaya setelah bertemu dengannya di sebuah hotel di New Delhi.

Ini adalah pertemuan ke-enam antara kedua pemimpin. Sebelum ini mereka bertemu pada Juli tahun lalu, sewaktu Obama menjamu Dalai Lama di Gedung Putih, mengesampingkan keberatan kuat dari China yang menyebut pemimpin Tibet itu sebagai seorang separatis dan khawatir pertemuan semacam itu akan memberi sinyal buruk bagi warga Tibet.

Kedua orang yang pernah meraih Hadiah Nobel Perdamaian Itu membahas masa depan yang mereka bayangkan bagi dunia, sebut kantor Dalai Lama.

Pemimpin Tibet yang berusia 82 tahun dan telah pensiun dari peran politik di pemerintah Tibet di pengasingan itu memberitahu Obama bahwa para pemenang Hadiah Nobel itu harus bertemu untuk mendorong perubahan dalam waktu dekat. “Anda muda dan dapat melakukan banyak hal. Meskipun generasi saya tidak akan melihat hasilnya, generasi Anda jelas akan melihatnya,” kata Dalai Lama.

Dalai Lama telah meminta pertemuan itu diadakan karena sulit baginya untuk mengunjungi Amerika mengingat usianya sekarang ini.

Obama membahas kegiatan Yayasan Obama dengan pemimpin Tibet itu.

Sementara itu lawatan Obama di Delhi mencakup pertemuan dengan Perdana Menteri Modi. Kedua pemimpin telah membangun hubungan baik setelah Modi mulai berkuasa dan membantu meningkatkan hubungan kedua negara, yang sejak itu terus membaik.

Setelah pertemuan mereka, Modi menulis di Twitter bahwa ia senang sekali bertemu sekali lagi dengan mantan presiden Obama serta mengetahui prakarsa-prakarsa baru yang diambil di bawah kepemimpinannya di Yayasan Obama dan pandangannya untuk lebih lanjut memperkuat kemitraan strategis India-Amerika.

Berbicara dalam sebuah pertemuan tingkat tinggi yang diselenggarakan Hindustan Times, Obama juga memuji hubungan India-Amerika dan mengatakan kedua negara dapat membantu mengarahkan masa depan yang lebih baik, khususnya sewaktu demokrasi sendiri dipertanyakan. [uh]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG