Tautan-tautan Akses

Tanggulangi Banjir, China Kurangi Aliran Pembuangan Bendungan


Sebuah paviliun di kota Wuhan, China tergenang banjir akibat meluapnya Sungai Yangtze, 6 Juli lalu.

Pemerintah China telah menyesuaikan ketinggian air di bendungan-bendungan utama di Sungai Yangtze untuk membantu daerah-daerah di bagian tengah dan hilir mengatasi banjir akibat hujan lebat dalam beberapa hari terakhir ini.

Untuk lebih mengurangi tekanan banjir di bagian tengah dan hilir Sungai Yangtze, pihak berwenang hari Sabtu (11/7) memutuskan untuk mengurangi pembuangan air bendungan Tiga Ngarai atau Three Gorges Reservoir menjadi 19.000 meter kubik per detik.

Sejak awal Juli ini, aliran air yang masuk ke bendungan itu sampai ke titik yang tinggi. Sejak tanggal 1-12 Juli, aliran air umumnya tetap berada pada titik 30.000 meter kubik per detik.

Untuk memanfaatkan sepenuhnya bendungan seperti Three Gorges Reservoir itu, dan sekaligus mengendalikan banjir, maka otorita berwenang mulai 7 Juli lalu menurunkan kecepatan pembuangan air bendungan di Three Gorges Reservoir secara bertahap, dari 35.000 meter kubik per detik menjadi 19.000 meter kubik per detik. Hal ini menahan lebih banyak air di bendungan untuk mengurangi tekanan banjir di kawasan hilir.

Otorita lokal di propinsi Hunan yang terletak di bagian tengah, juga telah mengkoordinasikan ketinggian air di bendungan untuk mencegah banjir, dengan memperlambat naiknya permukaan air di kawasan Danau Dongting. [em/ii]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG