Tautan-tautan Akses

Provinsi Jiangxi di China Umumkan Siaga Banjir Tertinggi


Petugas SAR yang mengevakuasi warga dengan perahu karet terjebak arus banjir di tengah hujan deras di Kabupaten Duchang, Provinsi Jiangxi, China, 8 Juli 2020.
Petugas SAR yang mengevakuasi warga dengan perahu karet terjebak arus banjir di tengah hujan deras di Kabupaten Duchang, Provinsi Jiangxi, China, 8 Juli 2020.

Provinsi Jiangxi di China selatan mengeluarkan peringatan tertinggi banjir pada Sabtu (11/7). Media milik pemerintah melaporkan para pejabat memprediksi luapan besar dari sebuah danau yang terhubung dengan Sungai Yangtze sementara hujan deras terus mengguyur wilayah itu.

Menurut People's Daily, pemerintah provinsi meningkatkan respons penanganan banjir ke tingkat I dari tingkat II. Siaga banjir Tingkat I, yang tertinggi dari empat tingkat, menandai bencana seperti bendungan tanggul atau luapan luar biasa di beberapa sungai.

Karena hujan masih terus mengguyur banyak wilayah China, beberapa kota lain di sepanjang sungai Yangtze telah mengeluarkan peringatan banjir tingkat tertinggi. Sebagian sungai terancam meluap karena hujan tanpa henti.

Media TV pemerintah melaporkan pihak berwenang Jiangxi memperkirakan beberapa banjir parah di sekitar Poyang. Poyang adalah danau air tawar terbesar di China yang terhubung dengan Yangtze di dekat sungai Jiujiang.

Permukaan danau naik dalam tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya dan mencapai ketinggian 22.65 meter pada Sabtu (11/7), pukul 21.00 waktu setempat. Menurut CCTV, angka itu melebihi rekor pada 1998 dan jauh di atas tingkat waspada yaitu 19.5 meter. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG