Tautan-tautan Akses

Taliban “Kemungkinan” Dapat Pasokan dari Rusia


Komandan Tertinggi Sekutu NATO di Eropa (SACEUR) Jendral AS Curtis Scaparrotti menyimak selama pertemuan dengan Presiden Lithuania, Dalia Grybauskaite, di Istana Presiden di Vilnius, Lithuania, Kamis, 16 Maret 2017 (foto: AP Photo/Mindaugas Kulbis)

Seorang Komandan Militer Senior AS hari Kamis menyatakan kemungkinan Rusia telah memasok Taliban yang sedang bertempur melawan pasukan-pasukan AS ddan NATO di Afghanistan.

Rusia kemungkinan memasok Taliban yang sedang bertempur melawan pasukan AS dan NATO di Afghanistan, sebagaimana dinyatakan oleh seorang Komandan Militer Senior AS hari Kamis.

“Saya telah menyaksikan pengaruh Rusia akhir-akhir ini – meningkatnya pengaruh – dalam arti asosiasi dan bahkan kemungkinan pasokan kepada Taliban,” ujar Jendral Curtis Scaparrotti, Komandan Tertinggi Sekutu NATO dan Jendral AD AS, kepada Komite Angkatan Bersenjata di Senat dalam sebuah rapat dengar pendapat

Scaparrotti tidak menguraikan lebih jauh jenis pasokan apa yang kemungkinan dikirimkan atau seberapa langsung kemungkinan keterlibatan Rusia.

Komentar-komentarnya didasarkan atas kecurigaan yang dilontarkan bulan lalu oleh Jendral John Nicholson, komandan pasukan AS dan NATO di Afghanistan, yang bersaksi bahwa Rusia memberikan dorongan dan perlindungan diplomatik kepada Taliban. Namun demikian, Nicholson, menyebutkan apabila Rusia mengirim pasokan kepada kelompok teroris tersebut.

“Rusia telah melegimitasi Taliban dan mendukung Taliban,” ujarnya kepada VOA Afghan Service dalam sebuah wawancara bulan lalu.

Rusia, yang mulai mengintervensi Afghanistan tahun 1979 dan baru berakhir hampir sepuluh tahun kemudian dengan kegagalan, telah mencoba untuk menanamkan pengaruhnya kembali di kawasan tersebut dan telah mengorganisir pembicaraan damai dengan enam negara pekan depan yang tidak menyertakan Amerika Serikat. [ww]

XS
SM
MD
LG