Tautan-tautan Akses

3 Tentara AS Cedera dalam Penembakan oleh Tentara Afghanistan


Tentara AS melakukan patroli di Kabul, Afghanistan (foto: ilustrasi).

Sekurangnya tiga tentara Amerika hari Minggu (19/3) cedera ketika seorang tentara Afghanistan melepaskan tembakan ke arah mereka di Afghanistan selatan. Insiden itu terjadi selama latihan di pangkalan militer di provinsi Helmand.

Misi NATO di Afghanistan mengatakan ketiga tentara Amerika itu sedang mendapat perawatan medis.

Pejabat Afghanistan mengatakan bahwa penyerang itu segera ditembak mati oleh tentara asing.

Serangan-serangan dari dalam, di mana personil keamanan Afghanistan berbalik mengarahkan senjata mereka kepada rekannya sebelum lari bergabung dengan Taliban berkali-kali berlangsung dalam beberapa bulan terakhir.

Tapi frekuensi insiden semacam itu yang menyangkut pasukan asing menurun dalam beberapa tahun terakhir, karena langkah keamanan ketat komandan NATO bekerjasama dengan rekannya dari Afghanistan.

Helmand, provinsi terbesar di Afghanistan telah menjadi tempat pertempuran sengit selama tahun lalu dan sebagian daerahnya berada di bawah kekuasaan atau pengaruh Taliban. Penasehat militer Amerika telah dikerahkan ke kawasan itu untuk melakukan pelatihan wajib dan memberi saran-saran untuk membantu pasukan Afghanistan dalam perang mereka melawan pemberontakan itu.

Sekitar 300 marinir Amerika juga akan tiba di negara itu akhir tahun ini dan akan dikerahkan ke Helmand untuk membantu warga Afghanistan merebut wilayah Taliban. [my/al]

XS
SM
MD
LG