Tautan-tautan Akses

Taliban, AS akan Ikuti Konferensi Bahas Rekonsiliasi Afghanistan di Moskow


Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, memberikan keterangan kepada media di Moskow.

Amerika Serikat dan Taliban untuk pertama kalinya akan menghadiri konferensi multilateral yang diselenggarakan Rusia hari Jumat di Moskow untuk membahas bagaimana mencapai perdamaian dan rekonsiliasi nasional di Afghanistan.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, mengatakan pada malam pertemuan itu, delegasi dari 12 negara, termasuk AS, akan berpartisipasi dalam "konsultasi format Moskow" yang kedua. Dia menekankan bahwa konferensi ini semata-mata bertujuan untuk memfasilitasi "suasana yang kondusif untuk format dialog bilateral atau multilateral" guna memajukan solusi yang dirundingkan untuk masalah Afghanistan sesegera mungkin. Washington telah menolak undangan untuk pertemuan pertama yang diadakan Moskow tahun lalu, sementara Taliban juga menjauhkan diri.

Sementara, juru bicara Departemen Luar Negeri AS menegaskan pada hari Rabu bahwa dalam koordinasi dengan pemerintah Afghanistan, kedutaan AS di Moskow "akan mengirim perwakilan tingkat kerja untuk mengamati diskusi tersebut." China , Pakistan, Iran, India, Uzbekistan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Afghanistan, Kazakhstan, dan Turkmenistan termasuk di antara peserta lainnya.

Pemerintah Afganistan menolak mengirim pejabatnya ke pertemuan itu, tetapi mengizinkan delegasi Dewan Perdamaian Tinggi negara itu untuk ambil bagian dalam acara tersebut.

"Pihak Rusia menegaskan kembali posisinya bahwa tidak ada alternatif untuk penyelesaian politik di Afghanistan dan negara-negara tetangga, serta mitra regional Afghanistan perlu aktif bekerja dan mengkoordinasikan upaya mereka ke arah ini," kata Zakharova pada konferensi pers mingguan di Moskow.

Delegasi dengan lima anggota dari "kantor politik" Taliban yang berbasis di Qatar akan ambil bagian dalam pertemuan hari Jumat. Ini akan menjadi kehadiran pertama Taliban pada konferensi internasional seperti ini, tegas Zakharova.

Konferensi Moskow dijadwalkan sementara Washington sudah memulai proses dialog langsung dengan Taliban, memenuhi permintaan yang sudah lama diajukan militant itu. Pejabat AS telah mengadakan dua pertemuan dengan tim perunding Taliban yang bermarkas di Qatar sejak Juli. Pembicaraan terakhir terjadi bulan lalu di mana utusan khusus yang baru ditunjuk untuk rekonsiliasi Afghanistan, Zalamay Khalilzad, memimpin tim AS. (as)

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG