Tautan-tautan Akses

Taliban: Pertemuan di Moskow Tidak Terkait Perundingan Perdamaian


Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid. (Foto: dok).
Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid. (Foto: dok).

Taliban secara resmi memberi konfirmasi pihaknya akan hadir dalam pertemuan multilateral yang diselenggarakan Rusia guna membahas Afghanistan.

Tetapi juru bicara untuk kelompok pemberontak itu, Selasa (6/11) menegaskan delegasinya tidak akan melakukan pembicaraan perdamaian dan rekonsiliasi pada forum di Moskow itu.

Zabihullah Mujahid mengatakan, delegasi tingkat tinggi dari kantor Taliban di Qatar akan melakukan perjalanan ke ibukota Rusia untuk ikut dalam pertemuan Jumat.

“Konferensi ini tidak terkait perundingan dengan pihak tertentu, tetapi ini merupakan konferensi tentang penyelenggaraan diskusi menyeluruh dalam mencari solusi damai atas kemelut Afghanistan dan mengahiri pendudukan Amerika,” demikian ditegaskan oleh Mujahid.

Moskow telah mengundang 12 negara dan Taliban ke pertemuan itu. Amerika dan pemerintah Afghanistan telah menolak undangannya. Pakistan, Iran, China, Tajikistan, Uzbekistan, dan Turkmenistan adalah negara yang diundang. Meskipun pemerintah Afghanistan tidak akan hadir, Dewan Perdamaian negara itu sudah mengumumkan pihaknya akan mengirim delegasi ke konferensi di Moskow itu. [lt]

XS
SM
MD
LG