Tautan-tautan Akses

Suku Bunga KPR Amerika Naik


Para pekerja konstruksi menyelesaikan pembangunan rumah baru di Jackson, Butler County, Pennsylvania (foto: ilustrasi).

Tingkat suku bunga kredit rumah jangka panjang naik untuk pekan kelima berturut-turut di tengah kekhawatiran investor akan inflasi.

Raksasa hipotek Freddie Mac Kamis mengatakan tingkat rata-rata KPR dengan suku bunga tetap selama 30 tahun, melonjak hingga 4,32 persen minggu ini, naik dari 4,22 persen minggu lalu dan tertinggi sejak Desember 2016. Setahun yang lalu bunga KPR itu 4,17 persen.

Tingkat KPR bunga tetap selama 15 tahun yang populer di kalangan pemilik rumah yang mengajukan kredit ulang, naik menjadi 3,77 persen dari 3,68 persen pekan lalu dan tertinggi sejak Mei 2011. Tahun lalu bunga KPR 15 tahun 3,39 persen.

Kuatnya perekonomian Amerika meningkatkan kekhawatiran akan kemungkinan meningkatnya inflasi investor menuntut suku bunga yang lebih tinggi. Surat-surat berharga/ obligasi Departemen Keuangan untuk 10-tahun, yang mempengaruhi tingkat suku bunga KPR, naik dalam sepekan terakhir menjadi 2,88 persen dari 2,78 persen.

Len Kiefer, ekonom Freddie Mac mengatakan masih terlalu dini untuk memastikan apakah tingkat suku bunga yang lebih tinggi akan mematahkan momentum pasar perumahan. Len mengatakan pengajuan untuk membeli rumah masih naik 8 persen dari tahun lalu.

Tingkat suku bunga KPR tidak tetap untuk lima tahun naik menjadi 3,57 persen minggu ini dari 3,53 persen minggu lalu dan tertinggi sejak April 2011. Tahun lalu suku bunga itu 3,21 persen.

Untuk menghitung tingkat suku bunga rata-rata, Freddie Mac mensurvei pemberi KPR di seluruh setiap minggu.

Suku bunga rata-rata itu termasuk biaya tambahan, yang dikenal sebagai poin, yang umumnya dibayar peminjam untuk mendapatkan suku bunga terendah. Biaya KPR 30 tahun naik 0,6 poin dari 0,5 poin minggu lalu. Biaya-biaya itu tetap 0,5 poin untuk KPR 15 tahun dan 0,4 poin untuk KPR bunga tidak tetap selama 5 tahun. [my/jm]

XS
SM
MD
LG