Tautan-tautan Akses

Bursa SahamAS Anjlok 4%


Layar televisi di lantai bursa New York Stock Exchange menampilkan berita indeks saham pada penutupan perdagangan, 5 Februari 2018.

Bursa saham di Amerika Serikat anjlok sekitar 4 persen Senin (5/2) sore. Indeks Dow Industrials turun 1.176 poin, sedangkan Indeks S&P terkikis lebih dari 100 poin.

Penurunan tersebut mengikuti penurunan tajam pada Jumat (6/2), di tengah kekhawatiran bahwa kenaikan upah di AS akan mengakhiri era inflasi rendah dan tingkat suku bunga rendah dalam dekade terakhir.

Bursa turun tajam pada Jumat, dipicu oleh laporan lapangan kerja yang solid yang menunjukkan kenaikan upah pada laju tercepat dalam lebih dari satu dekade. Hal itu memicu kekhawatiran bahwa kenaikan inflasi dan kenaikan upah akan mendorong bank sentral AS untuk menaikkan suku bunga lebih cepat.

Analis yang berbicara dengan VOA telah memperkirakan "koreksi" indeks saham (penurunan sekitar 10 persen dari yang tertinggi baru-baru ini) setelah serangkaian rekor tertinggi. Gus Faucher dari PNC Bank mengatakan bahwa koreksi semacam itu adalah cara yang sehat untuk mengurangi tekanan terhadap pasar saham yang terlalu panas. [as/al]

XS
SM
MD
LG