Tautan-tautan Akses

Suhu Sangat Tinggi Melanda Australia


Petugas pengelola air minum Australia (Sydney Catchment Authority), Dick Pearson, menunjukkan tinggi air yang mencapai level terendah di bendungan Warragamba Sydney. (Foto: dok).

Kode merah, atau peringatan berbahaya dikeluarkan di Australia Selatan, Jumat (27/12), sementara suhu mencapai 42 derajat Celsius di ibukota negara bagian itu.

Pekan lalu, 86 rumah hancur di Australia Selatan setelah kebakaran hutan berkobar dalam kondisi serupa, sementara ibu kotanya, Adelaide, menghadapi gelombang panas dengan suhu hingga 46 derajat Celsius. Ada jeda selama Natal, tetapi kondisi kembali memburuk pada hari Jumat dan diperkirakan akan berlanjut hingga Senin.

Gelombang panas itu telah mendorong pemerintah Australia Selatan untuk menetapkan kode merah, yang bertujuan untuk memastikan para tunawisma tetap merasa sejuk dan cukup cairan. Kode merah merupakan peringatan suhu ekstrem yang dikeluarkan untuk mengurangi efek berbahaya terhadap kaum tunawisma. Layanan yang diberikan mencakup pilihan untuk tinggal di tempat penampungan dan tambahan layanan pemberian makanan.

Tingkat bahaya kebakaran juga masih luar biasa tinggi di Adelaide, sementara di wilayah lain di negara bagian itu kebanyakan antara tinggi dan sangat tinggi. Sekitar 1.300 petugas pemadam di New South Wales hari Jumat berhasil menanggulangi kebakaran di tempat-tempat dengan kondisi suhu lebih rendah. Sekitar 70 titik kebakaran masih ditemukan di berbagai penjuru negara bagian itu, di mana hampir separuhnya belum tertanggulangi. [uh/ab]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG