Tautan-tautan Akses

Pemadam Kebakaran Australia Bersiap Hadapi Gelombang Panas Ekstrem


Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api di kawasan Adelaide Hills, Australia, 24 Desember 2019.

Memanfaatkan kondisi cuaca yang sejuk dan lembab, para petugas pemadam kebakaran Australia, Kamis (26/12), melanjutkan usaha mereka mengendalikan amukan api di beberapa wilayah di negara bagian New South Wales.

Ribuan petugas dikerahkan untuk mengatasi kebakaran, dan hingga berita ini diturunkan masih ada lebih dari 70 titik api yang belum berhasil dikendalikan.

Selama beberapa bulan terakhir, kebakaran di Australia telah menghanguskan sekitar lima juta hektar lahan, menewaskan sembilan orang dan menghancurkan lebih dari 950 rumah. New South Wales merupakan negara bagian yang paling parah dilanda musibah ini. Di negara bagian yang paling padat penduduknya ini, pemerintah telah memberlakukan keadaan darurat yang berakhir Rabu (25/12).

Namun suhu udara yang tinggi diperkirakan akan kembali akhir pekan ini. Para pemadam kebakaran Australia harus bersiap menghadapi gelombang panas yang ekstrem.

Suhu udara di Sydney diperkirakan akan mencapai 31 derajat Celsius pada hari Minggu, sementara kawasan pinggiran di sebelah barat-nya akan mencapai 41 derajat Celsius. [ab/uh]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG