Tautan-tautan Akses

Stan Lee, Pencipta “Spider-Man” Wafat


Stan Lee, menghadiri acara “Extraordinary: Stan Lee” di Saban Theater, Beverly Hills, 22 Agustus 2017.

Stan Lee, pencipta karakter-karakter superhero komik Marvel, meninggal Senin (12/11) dalam usia 95 tahun. Lee menciptakan berbagai karakter superhero terkenal, mulai dari Spider-Man, Fantastic Four, Incredible Hulk, dan X-Men.

Lee meninggal di Cedar-Sinai Medical Center di Los Angeles, menurut Kirk Schenck, pengacara untuk anak perempuan Lee, J.C. Lee.

Sebagai penulis utama di Marvel Comics, dan kemudian sebagai penerbit, Lee dianggap sebagai arsitek komik kontemporer. Dia membangkitkan industri komik pada dekade 1960an dengan menawarkan pahlawan mengenakan kostum dan melakukan aksi-aksi yang dicari oleh para pembaca muda. Karyanya dibumbui plot yang bagus, dialog cerdas, satir, sains fiksi, bahkan filosofi.

Komik Spider-Man tampak dalam foto ilustrasi, 12 November 2018.
Komik Spider-Man tampak dalam foto ilustrasi, 12 November 2018.

Jutaan pembaca merespon karakter-karakter ciptaan Lee yang tidak biasa karena menggabungkan fantasi dan kenyataan. Beberapa karakternya menjelma ke dalam film laris. Beberapa proyek terakhir yang dikerjakannya termasuk film “Black Panther” dan “Doctor Strange” hingga serial televisi, seperti “Agents of S.H.I.E.L.D,” dan “Guardians of the Galaxy.”

Wajah Lee juga sangat terkenal di kalangan para penggemarnya. Dia sering tampil sebagai kameo di film-film dan acara TV Marvel dengan rambutnya yang beruban dan kaca mata berwarna.

Lahir dengan nama Stanley Martin Lieber pada 28 Desember 1922 di New York, Lee tumbuh ditemani buku-buku cerita petualangan “Hardy Boys” dan Errol Flyn. Lee bekerja di Timely Comics, yang kemudian berubah nama menjadi Marvel Comics, setelah lulus dari SMU.

Kesuksesan Lee dimulai ketika dia memutuskan membuat komik sesuai dengan karakter dan cerita yang diinginkannya. Pada masa itu, komik dianggap hanya bacaan anak-anak. Hasilnya, “The Fantastic Four” dirilis pada 1960. Lee yang menciptakan karakter, plot, dan naskah, sedangkan ilustrasi dibuat oleh seniman Marvel terkenal, Jack Kirby.

Karakter-karakternya digambarkan sebagai orang biasa yang tidak sengaja menjadi pahlawan.

Lee meninggalkan seorang anak perempuan. Istrinya yang sudah bersamanya selama 70 tahun wafat tahun lalu. [ft]

XS
SM
MD
LG