Tautan-tautan Akses

Spanyol Selamatkan 600 Migran di Laut Tengah dalam 24 Jam


Seorang migran, yang menjadi bagian dari kelompok yang dicegat saat berada di perahu karet di lepas pantai Laut Mediterranea tampak di atas kapal penyelamat saat tiba di pelabuhan Malaga, Spanyol (foto: REUTERS/Jon Nazca)

Badan penyelamatan maritim Spanyol menyelamatkan lebih dari 600 migran yang berusaha menyeberangi Laut Tengah dari Maroko dalam 24 jam terakhir, menjadikannya hari tersibuk dalam tahun ini.

Badan itu mengatakan telah menyelamatkan 16 migran Kamis pagi di Selat Gibraltar, celah sempit yang memisahkan Spanyol dari Maroko. Hari Rabu, kapal-kapal badan itu menyelamatkan 601 migran, termasuk 2 dalam canoe dan 6 dalam perahu kayuh pantai.

Dari 601 migran, badan tersebut mengatakan, 432 diselamatkan di Selat itu dan 169 lebih jauh di sebelah timur Laut Tengah. Sekitar 550 migran berasal dari negara-negara Maghreb di Afrika baratlaut, selebihnya dari negara-negara sub-Sahara Afrika.

Lebih dari 9.000 migran sudah sampai Spanyol melalui laut hingga Agustus ini, lebih dua kali lipat jumlah total pada tahun 2016.

Puluhan ribu migran dari Afrika berusaha menempuh perjalanan laut yang berbahaya ke Eropa dalam kapal-kapal penyelundup setiap tahun, banyak yang tenggelam dalam perjalanan itu. [ka/jm]

XS
SM
MD
LG