Tautan-tautan Akses

Kapal Spanyol Tolong 60 Migran di Selat Gibraltar


FILE - Migran berisitirahat di sebuah pusat olahraga setelah diselamatkan dari perairan Selat Gibraltar, 12 Agustus 2014.

Dinas pertolongan maritim Spanyol mengatakan mereka memindahkan 60 orang migran dari tiga kapal yang berusaha menyeberangi Selat Gibraltar dari Maroko.

Dinas maritim mengatakan hari Sabtu (29/7) bahwa kapal pertolongannya Arcturus melakukan dua pertolongan terpisah, yang pertama mengangkat 13 migran dari sebuah kapal, lalu menolong 10 orang lagi dari kapal yang kedua sebelum kapal penolong Spanyol itu kembali ke pantai.

Kapal pertolongan dinas itu, Salvamar, kemudian berangkat untuk mencegat kapal yang ketiga yang membawa 37 orang migran.

Pihak berwenang melaporkan hari Jumat bahwa Spanyol telah menolong 7.064 orang migran dari 285 kapal dalam tahun 2017, lebih dari 1.000 lebih banyak dari jumlah yang ditolong dalam tahun 2016.

Banyak migran dari Afrika tewas dalam perjalanan laut yang berbahaya ke Eropa dengan kapal-kapal kecil yang tidak cocok untuk lautan terbuka. Kapal-kapal itu sering milik pedagang atau penyelundup manusia. [gp]

XS
SM
MD
LG