Tautan-tautan Akses

Spanyol Selamatkan 56 Migran di Laut Tengah


Relawan dari regu penyelamat Barcelona, Spanyol, membantu menurunkan perahu kecil saat para pengungsi turun dari perahu yang membawa mereka dari pantai Turki tiba di pulau Lesbos, Yunani timur laut, Rabu dini hari, 7 Oktober 2015. (Foto: dok).

Dinas pertolongan maritim Spanyol mengatakan mereka telah menyelamatkan 56 orang migran yang sedang melakukan penyeberangan berbahaya Laut Tengah dari pantai Afrika ke pantai Eropa.

Dinas pertolongan tersebut mengatakan dua kapal dihalangi oleh pesawat pencari, Sabtu pagi (20/1). Satu kapal membawa 23 orang pria di Selat Gibraltar. Kapal kedua dengan 33 pria yang berasal dari sub-Sahara terlihat di sebelah timur Selat Gibraltar dekat Pulau Alboran.

Badan pengawas perbatasan Eropa mengatakan hari Jumat (19/1) bahwa 22.880 migran tiba di Spanyol tahun lalu melalui laut, meningkat dari 10.231 dalam tahun 2016. Badan pengawas itu juga memperingatkan bahwa diperkirakan jumlah migran yang menggunakan rute bagian-barat Laut Tengah ke Eropa akan meningkat tahun ini.

Organisasi Migrasi Internasional mengatakan 2.583 migran memasuki Eropa melalui laut tahun ini sampai akhir hari Rabu (17/1), dan 199 lainnya meninggal dalam perjalanan. [gp]

XS
SM
MD
LG