Tautan-tautan Akses

Spanyol Hambat Referendum Kemerdekaan di Catalonia


Demonstran mengibarkan bendera Spanyol untuk mendukung Spanyol bersatu di Madrid satu hari sebelum referendum kemerdekaan yang dilarang berlangsung di Catalonia pada 1 Oktober 2017.

Spanyol ingin menghentikan referendum kemerdekaan hari ini di Catalonia, dengan menyebutnya suatu dagelan.

Enric Millo, wakil Madrid di Catalonia, mengatakan presiden Catalonia Carles Puigdemont dan tim-nya "hanya mereka yang bertanggungjawab atas semua yang terjadi hari ini dan atas semua yang dapat terjadi kalau mereka tidak mengakhiri dagelan ini."

Polisi dengan peralatan anti-huru-hara memecahkan pintu depan sebuah TPS dengan martil di Catalonia hari Minggu (1/10) di mana pemimpin daerah itu diperkirakan akan memberi suara dalam referendum kemerdekaan yang dilarang itu.

Perkelahian antara polisi dan pemberi suara pecah di luar TPS di Sant Julia de Ramis, dekat kota Girona, Catalonia.

Pemimpin Catalonia Puigdemont dijadwalkan memberi suaranya di Sant Julia de Ramis, tetapi beralih memberi suara di Cornella del Terri di provinsi Girona.

Warga Catalonia mulai memberi suara hari Minggu dalam referendum kemerdekaan yang disengketakan, sementara polisi menyita kertas suara dari paling sedikit satu TPS.

Kementerian Dalam Negeri Spanyol mengatakan melalui Twitter berpeti-peti lagi kertas suara akan dirampas sementara polisi meneruskan penugasan mereka di Catalonia. [gp]

XS
SM
MD
LG