Tautan-tautan Akses

Ribuan Separatis Catalonia Nyatakan Dukungan pada Kemerdekaan


Anggota "Castellers" Barcelona, kelompok akar rumput yang memimpin gerakan kemerdekaan Catalonia membentuk menara manusia di lapangan Sant Jaume di Barcelona, Spanyol, 24 September 2017. Kelompok itu mengatakan telah mulai membagikan satu juta kartu suara referendum kemerdekaan.

Ribuan orang separatis Catalonia mengadakan rapat umum di lapangan umum di Barcelona dan kota-kota lain mendukung referendum yang disengketakan mengenai kemerdekaan daerah bagian timur laut Spanyol itu.

Banyak orang membawa bendera pro-kemerdekaan dan spanduk yang menyerukan referendum kemerdekaan tanggal 1 Oktober yang disebut pemerintah Spanyol illegal dan telah berjanji akan menghentikannya.

Massa diminta oleh para politisi separatis untuk mencetak dan membagi-bagi poster yang mendukung referendum.

Carme Forcadell, ketua parlemen daerah Catalonia, mengatakan kepada massa di Barcelona, "Saya meminta Anda agar pergi memberi suara! Pilih masa depan Catalonia."

Mahkamah Konstitusi Spanyol telah menangguhkan undang-undang setempat yang menetapkan referendum itu dan polisi telah menindak persiapan untuk referendum tersebut.

Namun, kaum separatis akan terus maju dengan tekad untuk memproklamasikan kemerdekaan kalau pendukung kemerdekaan menang dalam referendum. [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG