Tautan-tautan Akses

Skandal Korupsi Ukraina Libatkan Beberapa Pejabat Tinggi


Asap mengepul di pinggiran kota selama serangan rudal Rusia di Kyiv, Ukraina 31 Oktober 2022. (Foto: REUTERS/Vladyslav Sodel)

Beberapa pejabat senior Ukraina, termasuk sejumlah gubernur garda terdepan, kehilangan pekerjaan mereka pada Selasa(24/1) akibat skandal korupsi yang melanda pemerintahan Presiden Volodymyr Zelenskyy di tengah pergulatan negara itu dalam menghadapi invasi Rusia.

Perombakan bahkan menyentuh kantor pemerintahan Zelenskyy. Wakil ketuanya, Kyrylo Tymoshenko, yang terkenal karena pembaruan taktik medan perangnya, memutuskan mengundurkan diri ketika presiden berjanji untuk menangani tuduhan korupsi, termasuk beberapa yang terkait dengan pengeluaran militer. Skandal korupsi tersebut mempermalukan pihak berwenang dan dapat memperlambat upaya Ukraina untuk bergabung dengan Uni Eropa dan NATO.

Tymoshenko meminta untuk dibebaskan dari tugasnya. Dia tidak menyebutkan alasan pengunduran dirinya.

Media lokal mengatakan Wakil Menteri Pertahanan Viacheslav Shapovalov juga mengundurkan diri, sehubungan dengan skandal pengadaan makanan untuk angkatan bersenjata Ukraina. Wakil Jaksa Agung Oleksiy Symonenko juga memutuskan untuk berhenti.

Forum

XS
SM
MD
LG