Tautan-tautan Akses

Sineas, Aktivis Serukan Isu-isu Lingkungan di Cannes


Para tamu tiba untuk penayangan film "Bergman Island" di Festival Film Cannes ke-74 di Cannes, Perancis, Minggu, 11 Juli 2021. (Foto: Sarah Meyssonnier/Reuters)

Para pembuat dokumenter dan aktivis lingkungan, termasuk remaja Inggris Bella Lack, pada Minggu (11/7) mengatakan mereka harap bisa menginspirasi upaya lebih besar terkait perubahan iklim, lewat beberapa film dengan pesan-pesan penuh harapan dalam Festival Film Cannes.

Perhelatan sinema terbesar di dunia itu kembali setelah sempat absen pada 2020 karena pandemi COVID-19. Dan festival tahun ini menyoroti sejumlah film bertemakan lingkungan.

Festival itu, yang menarik pengunjung dari seluruh dunia termasuk bintang Hollywood.

Reuters melaporkan Adam Driver dan Matt Damon, juga berusaha mengurangi limbah. Penyelenggara menggunakan mobil hybrid atau elektrik untuk mengangkut orang-orang, dan mengganti karpet merahnya dengan bahan yang bisa didaur ulang.

Dunia film juga bisa menjadi contoh dalam bentuk lain, kata aktivis Lack yang berusia 18 tahun. Dia muncul dalam "Animal" bersama pakar simpanse Jane Goodall, dalam sebuah dokumenter arahan Cyril Dion yang diputar di festival itu.

"Orang-orang yakin bahwa anak-anak muda takut dan termotivasi oleh rasa takut... Saya sebenarnya termotivasi oleh harapan dan imajinasi," kata Lack dalam konferensi pers.

"Industri sinema dan Cannes bisa bertindak sebagai kendaraan untuk merangsang imajinasi orang dewasa," imbuhnya.

Film-film lain yang diperkenalkan termasuk "Bigger Than Us," yang diproduksi aktris pemenang Oscar Marion Cotillard dan menampilkan aktivis muda dari Indonesia hingga Malawi. [vm/jm]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG