Tautan-tautan Akses

AS

Sidang Konfirmasi untuk Calon Hakim Agung Sampai pada Hari Terakhir


Komite Kehakiman Senat AS mendengar argumen pada pencalonan hakim agung Amy Coney Barrett di gedung Capitol Hill, hari Kamis (15/10).

Komite Kehakiman Senat Amerika mendengar argumen pada hari Kamis (15/10) yang mendukung dan menentang konfirmasi calon Hakim Agung Amy Coney Barrett, sementara panel menyelesaikan empat hari sidang untuk mengisi kekosongan di mahkamah tertinggi Amerika itu.

Partai Demokrat meminta aturan komite untuk memundurkan pemungutan suara terakhir oleh panel tentang nominasi Barrett hingga Kamis depan. Pemungutan suara di Senat penuh bisa berlangsung pada akhir bulan, hanya beberapa hari menjelang pemilihan presiden dan anggota Kongres 3 November.

Pemimpin Fraksi Mayoritas Senat dari Partai Republik Mitch McConnell mengatakan kepada para wartawan di negara bagian asalnya, Kentucky, “Kami memiliki suara” untuk mengonfirmasi pencalonan Barrett yang berusia 48 tahun. McConnell mengatakan sidang pleno Senat akan mulai mempertimbangkan pencalonannya pada 23 Oktober.

Barrett akan menjadi wanita kelima yang pernah menjadi hakim di Mahkamah Agung Amerika. Kini dia menjabat sebagai hakim pengadilan banding federal. Penunjukannya oleh Trump sebagai Hakim Agung yang menjabat seumur hidup akan memberi kaum konservatif keunggulan ideologis 6-3 di Mahkamah tertinggi Amerika itu, yang kemungkinan memengaruhi hasil sengketa hukum di Amerika selama beberapa dekade.

Barrett menjawab pertanyaan-pertanyaan para anggota Senat selama berjam-jam pada hari Selasa dan Rabu. Pada hari Kamis, anggota Senat dari Partai Republik dan Demokrat memanggil para saksi untuk memberikan kesaksian yang mendukung atau menentang konfirmasi Barrett. [lt/ka]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG